Sabtu, 08 Desember 2012

Waspada Jamur Vagina pada Ibu Hamil

detail berita
Ibu hamil (Foto: Livestrong)
MASA kehamilan memang rentan akan berbagai serangan penyakit. Salah satunya adalah adanya jamur atau infeksi pada vagina. Anda perlu berhati-hati karena dapat mempengaruhi kesehatan bayi Anda nantinya.
 
Jamur yang biasa muncul pada organ intim adalah candidiasis atau jamur candida. Jamur ini bisa menyebabkan infeksi pada vagina. Jika ini terjadi pada ibu yang mengalami kehamilan, bisa menyebabkan peningkatan risiko epilepsi pada anak yang lahir, juga bisa membuat bayi lahir prematur, demikian yang dilansir Livestrong.
 
Untuk mencegah jamur candida selama masa kehamilan, Anda bisa menghindari makanan tinggi karbohidrat sederhana, seperti tepung putih, soda, jus buah, kentang, buah-buahan kering, dan gula.

Latihan sehari-hari juga bermafaat untuk meningkatkan jumlah glukosa dalam tubuh, sehingga candida tidak akan tumbuh dengan cepat. Pilih porsi makan harian kaya asam lemak omega-3, seperti salmon, walnut, atau alpukat. Nutrisi ini dapat membuat sel-sel lebih sehat dan tahan terhadap infeksi jamur. Anda juga bisa mengonsumsi yogurt untuk membantu melawan jamur candida.