Minggu, 07 Oktober 2012

Kanker serviks....?

kanker-servikAda banyak jenis HPV. Dua jenis, HPV 16 dan 18, terlibat dalam pengembangan kebanyakan kasus kanker serviks. Beberapa strain lainnya HPV menyebabkan kutil umum dan verrucas. Strain HPV tidak berhubungan dengan kanker serviks.
Pada jenis HPV terkait dengan kanker serviks hampir selalu ditularkan melalui hubungan seks dengan orang yang terinfeksi. Infeksi dengan salah satu jenis HPV biasanya tidak menimbulkan gejala. Jadi, Anda tidak dapat mengetahui apakah Anda atau orang yang Anda berhubungan seks dengan terinfeksi dengan salah satu jenis HPV.

Pada beberapa wanita, strain HPV yang terkait dengan kanker serviks mempengaruhi sel-sel leher rahim. Hal ini membuat mereka lebih mungkin untuk menjadi abnormal yang kemudian mungkin (biasanya tahun kemudian) berubah menjadi sel kanker. Dalam waktu dua tahun, 9 dari 10 infeksi HPV akan menghilang sepenuhnya dari tubuh. Ini berarti bahwa kebanyakan wanita yang terinfeksi strain HPV tidak terkena kanker.
Vaksin HPV baru ini telah diperkenalkan untuk anak perempuan dari usia 12 di Inggris. Penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin HPV sangat efektif untuk menghentikan kanker leher rahim dari berkembang. Vaksin ini telah terbukti bekerja lebih baik untuk orang-orang yang diberi vaksin ketika mereka muda, sebelum mereka aktif secara seksual, dibandingkan dengan bila diberikan kepada orang dewasa. Namun, bahkan jika Anda telah memiliki vaksin HPV, Anda harus menghadiri untuk skrining serviks. Hal ini karena vaksin tidak menjamin perlindungan yang lengkap terhadap kanker serviks.
Faktor-Faktor Lain
Faktor lain yang meningkatkan risiko terkena kanker serviks antara lain:
Merokok. Bahan kimia dari rokok dicatat di aliran darah dan dapat mempengaruhi sel-sel dalam tubuh. Perokok 2 x lebih mungkin dibandingkan non-perokok untuk mengembangkan kanker serviks. Secara khusus, jika Anda merokok dan memiliki infeksi HPV, risikonya lebih besar.
Sistem kekebalan tubuh yang buruk. Misalnya, orang dengan AIDS atau orang yang memakai obat imunosupresan memiliki peningkatan risiko. (Jika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja sepenuhnya maka Anda kurang mampu untuk menangani infeksi HPV dan sel-sel abnormal dan Anda lebih berisiko terkena kanker serviks.)
Ada kemungkinan adanya hubungan antara pil KB kombinasi (COCP) – juga dikenal sebagai pil – dan sedikit peningkatan risiko kanker serviks jika pil diambil selama lebih dari delapan tahun.
Apa Saja Gejala Kanker Serviks?
Anda mungkin tidak memiliki gejala pada awalnya ketika tumor kecil. Seperti tumor menjadi lebih besar, dalam kebanyakan kasus, gejala pertama yang dikembangkan adalah pendarahan vagina abnormal seperti:
  • Pendarahan di antara periode normal (perdarahan intermenstrual).
  • Perdarahan setelah berhubungan seks (perdarahan postcoital).
  • Setiap perdarahan vagina pada wanita masa menopause.
  • Gejala awal dalam beberapa kasus adalah keputihan yang berbau tidak menyenangkan, atau rasa tidak nyaman atau sakit saat berhubungan seks.
Semua gejala di atas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi umum lainnya. Tetapi jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.
Pada saatnya, jika kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh, berbagai gejala lainnya dapat berkembang.
Bagaimana Serviks Kanker Didiagnosis Dan Dinilai?
Diagnosa
Seorang dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan vagina jika mengalami gejala yang mungkin dapat menjadi kanker serviks. Dia mungkin merasakan leher rahim yang abnormal. Jika kanker serviks dicurigai, biasanya Anda akan dirujuk untuk kolposkopi.
Kolposkopi adalah pemeriksaan yang lebih rinci leher rahim. Untuk tes ini, spekulum dengan lembut dimasukkan ke dalam vagina sehingga serviks dapat terlihat. Dokter menggunakan kaca pembesar (colposcope) untuk melihat leher rahim lebih terinci. Ujian ini memakan waktu sekitar 15 menit. Selama kolposkopi itu adalah biasa untuk mengambil sepotong kecil jaringan dari leher rahim (biopsi). Sampel biopsi kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk mencari sel-sel kanker.
pencegahan-kanker-serviksPenilaian Tingkat dan Penyebaran
Jika diri Anda ditemukan memiliki kanker serviks maka pemeriksaan lebih lanjut mungkin disarankan untuk menilai apakah kanker telah menyebar. Sebagai contoh, CT scan, MRI scan, dada sinar X, ultrasound scan, tes darah atau tes lainnya. Penilaian ini disebut stadium kanker. Tujuan dari pementasan adalah untuk mengetahui:
  • Berapa banyak tumor telah berkembang, dan apakah telah tumbuh struktur terdekat lainnya seperti kandung kemih atau rektum.
  • Apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening lokal (node).
  • Apakah kanker telah menyebar ke area lain dari tubuh (metastasised).
Tes apa yang diperlukan tergantung pada penilaian awal dan hasil biopsi. Sebagai contoh, biopsi dapat menunjukkan bahwa kanker tersebut berada pada tahap sangat awal dan tetap hanya di sel-sel permukaan leher rahim. Hal ini tidak mungkin telah menyebar (metastasised) dan Anda mungkin tidak perlu tes lainnya. Namun, jika kanker tampaknya lebih maju dan mungkin telah menyebar maka berbagai tes mungkin diperlukan.
Mengetahui stadium kanker membantu dokter untuk memberi nasihat tentang pilihan pengobatan terbaik. Hal ini juga memberikan indikasi yang masuk akal dari pandangan (prognosis).
Apa Saja Pilihan Pengobatan Untuk Kanker Serviks?
Pilihan pengobatan yang dapat dipertimbangkan meliputi operasi, radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi dari perawatan ini. Perlakuan disarankan untuk setiap kasus tergantung pada berbagai faktor. Misalnya, tahap kanker (seberapa besar tumor kanker primer dan apakah telah menyebar), dan kesehatan umum Anda.
Anda harus memiliki diskusi lengkap dengan spesialis yang mengetahui kasus Anda. Mereka akan dapat memberikan pro dan kontra, tingkat keberhasilan mungkin, kemungkinan efek samping, dan rincian lain tentang berbagai pilihan pengobatan yang mungkin untuk jenis dan tahap kanker. Anda juga harus membicarakan dengan spesialis tujuan pengobatan. Sebagai contoh,
Dalam beberapa kasus, pengobatan bertujuan untuk menyembuhkan kanker. Beberapa kanker serviks dapat disembuhkan, terutama jika mereka diperlakukan pada tahap awal penyakit. (Dokter cenderung menggunakan pengampunan kata daripada kata sembuh. Remisi berarti tidak ada bukti pengobatan kanker berikut. Jika Anda berada di remisi, Anda mungkin disembuhkan. Namun, dalam beberapa kasus, kanker kembali bulan atau tahun kemudian. Inilah sebabnya mengapa dokter terkadang enggan untuk menggunakan kata sembuh.)
Dalam beberapa kasus, pengobatan bertujuan untuk mengendalikan kanker. Jika obat tidak realistis, dengan pengobatan sering mungkin untuk membatasi pertumbuhan atau penyebaran kanker sehingga berlangsung kurang cepat. Ini mungkin membuat Anda bebas dari gejala selama beberapa waktu.
Dalam beberapa kasus, pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala. Misalnya, jika kanker sudah lanjut maka Anda mungkin memerlukan terapi seperti obat penghilang rasa sakit atau perawatan lain untuk membantu Anda tetap bebas dari rasa sakit atau gejala lainnya. Beberapa pengobatan dapat digunakan untuk mengurangi ukuran kanker, yang dapat meringankan gejala seperti rasa sakit.
Operasi
Operasi untuk menghapus leher rahim dan rahim (histerektomi) adalah pengobatan umum. Jika kanker pada tahap dini dan belum menyebar maka pembedahan saja dapat kuratif. Dalam beberapa kasus, dimana kanker berada pada tahap yang sangat awal, mungkin mungkin untuk hanya menghapus bagian dari leher rahim yang terkena kanker tanpa menghapus seluruh rahim. Ini berarti bahwa Anda masih bisa punya anak.
Jika kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, operasi masih mungkin disarankan, sering di samping perawatan lainnya. Sebagai contoh, dalam beberapa kasus dimana kanker telah menyebar ke struktur terdekat lainnya, operasi yang luas dapat menjadi pilihan. Ini mungkin untuk menghapus tidak hanya leher rahim dan rahim tetapi juga struktur di dekatnya yang mungkin telah menjadi terpengaruh seperti kandung kemih dan / atau usus.
Bahkan jika kanker adalah maju dan obat tidak mungkin, beberapa teknik bedah mungkin masih memiliki tempat untuk meringankan gejala. Misalnya, untuk meringankan penyumbatan usus atau saluran kemih yang disebabkan oleh penyebaran kanker.
Radioterapi
Radioterapi adalah pengobatan yang menggunakan energi tinggi sinar radiasi yang difokuskan pada jaringan kanker. Ini membunuh sel kanker, atau sel-sel kanker berhenti berkembang biak. (Lihat brosur terpisah yang disebut Radioterapi untuk rincian.) Radioterapi saja dapat bersifat kuratif untuk tahap awal kanker serviks dan dapat menjadi alternatif untuk operasi. Untuk kanker yang lebih maju, radioterapi mungkin disarankan di samping perawatan lainnya.
Dua jenis radioterapi digunakan untuk kanker serviks – eksternal dan internal. Dalam banyak kasus kedua jenis tersebut digunakan:
Eksternal radioterapi. Di sinilah radiasi ditargetkan pada kanker dari mesin. (Ini adalah jenis umum radioterapi digunakan untuk berbagai jenis kanker.)
Radioterapi internal (brachytherapy). Perawatan ini melibatkan menempatkan implan radioaktif kecil di sebelah tumor kanker (dalam vagina) untuk waktu yang singkat.
Bahkan jika kanker adalah maju dan obat tidak mungkin, radioterapi mungkin masih memiliki tempat untuk meringankan gejala. Misalnya, radioterapi dapat digunakan untuk mengecilkan tumor sekunder yang telah berkembang di bagian lain dari tubuh dan menyebabkan rasa sakit.
Kemoterapi
Ini adalah pengobatan menggunakan obat anti-kanker yang membunuh sel kanker, atau menghentikan mereka dari mengalikan. Lihat leaflet disebut dengan Kemoterapi Obat sitotoksik untuk rincian. Kemoterapi dapat diberikan di samping radioterapi atau operasi dalam situasi tertentu.
Apa Prospek (Prognosis)?
Prospek yang terbaik pada mereka yang didiagnosis ketika kanker hanya terbatas pada leher rahim dan belum menyebar. Pengobatan dalam situasi ini memberi kesempatan yang baik obat untuk 8-9 wanita dari 10. Bagi wanita yang didiagnosis ketika kanker telah menyebar, obat cenderung kurang tapi masih mungkin. Bahkan jika obat tidak mungkin, pengobatan sering dapat memperlambat perkembangan kanker.
Pengobatan kanker merupakan daerah berkembang kedokteran. Pengobatan baru terus dikembangkan dan informasi pada pandangan di atas sangat umum. Para spesialis yang mengetahui kasus Anda dapat memberikan informasi lebih akurat tentang pandangan tertentu, dan seberapa baik jenis dan stadium kanker adalah mungkin untuk merespon pengobatan.