Sabtu, 27 Oktober 2012

Nikmati Proses Persalinan Tanpa Rasa Nyeri

Hamil dan melahirkan adalah dua hal yang di damba oleh wanita yang sudah menikah.
Namun meski kehamilan menghadirkan rasa bahagia tetap saja ada kecemasan yang membayangi para calon ibu tentang nyeri yang lazim dialami saat proses melahirkan secara normal. Terutama terjadi pada kehamilan dan kelahiran anak pertama.  
Setiap wanita punya ambang batas nyeri berlainan, jadi jangan terlalu memaksakan diri.  Saat ini banyak pilihan cara melahirkan yang dapat membuat anda merasa nyaman sehingga proses persalinan benar-benar dapat anda nikmati tanpa rasa takut atau sakit yang berlebihan.

Rumah sakit di Indonesia saat ini telah memilki kebijakan mengenai penggunaan obat penghilang nyeri saat persalinan normal. Ada baiknya anda diskusikan pada dokter dan rumah sakit pilihan anda tentang penggunaan yang tepat dan sesuai kebutuhan anda.
Entonox
Merupakan percampuran antara gas dan udara yang dihirup melalui sungkup setiap terjadi kontraksi. Ini untuk mengurangi rasa nyeri dengan cara mematikan rasa pada pusat nyeri di otak. Pengaruhnya baru terasa sekitar 30 menit. Tapi pada beberapa kasus ada yang  merasa nausea dan pusing setelah pemakaian entonox. Namun pemakaian entonox tidak akan berpengaruh terhadap bayi.
TENS
Singkatan dari Transcutaneus Elctrical Nerve Stimulation (Stimulasi Listrik pada Syaraf). TENS akan menghambat jalur syaraf yang akan mengantarkan rasa nyeri pada otak.  TENS juga meningkatkan produksi endorfin yang merupakan penghilang nyeri alami dalam tubuh.
Petidin
Adalah alat turunan morfin yang akan menghilangkan nyeri dan membantu Anda tetap rileks. Obat ini disuntikan ke paha atau pantat, akan bereaksi sekitar 20 menit sesudahnya. Efeknya sendiri akan berlangsung selama 4 jam. Resiko yang mungkin timbul adalah munculnya rasa kantuk atau nausea. Kelebihannya, obat ini dapat disuntikkan diantara kontraksi hingga akan menghemat tenaga Anda.
Epidural
Jenis obat bius (anestesi) yang disuntikkan ini bekerja dengan cara mematirasakan tubuh bagian bawah.  Anda harus mengikuti instruksi dokter atau bidan kapan anda harus mengejan, sebab sejak bius ini bereaksi Anda tidak akan merasakan apa-apa. Setelah anestesi lokal diusapkan, jarum spinal dimasukkan ke dalam ruang diantara tulang belakang untuk memasuki spinal cord. Epidural kemudian diberikan melalui jarum spinal ini. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk melakukannya. Efeknya sendiri berlangsung antara2-4 jam.
Penggunaan obat penghilang rasa nyeri persalinan bukanlah hal yang tabu digunakan saat persalinan, namun tentu saja semua kembali pada pilhan para calon ibu. Satu hal yang pasti persiapkan dana tambahan jika Anda memutuskan untuk menggunakan metode ini.