Selasa, 30 Oktober 2012

Hipertensi Dalam Kehamilan, Pre-Eklampsia, dan Eklamsi

Hipertensi dalam kehamilan memiliki beberapa pembagian dan ada pula beberapa faktor resiko
Faktor resiko yang bisa berpengaruh pada Kehamilan dengan Hipertensi / pre-eklampsia / eklampsia, berdasar beberapa penelitian :
Usia
Insidens tinggi pada kehamilan awal pada usia muda, meningkat pada kehamilan awal pada usia tua. Pada wanita hamil berusia kurang dari 25 tahun insidens > 3 kali lipat
Pada wanita hamil berusia lebih dari 35 tahun, dapat terjadi hipertensi laten
Paritas
- angka kejadian tinggi pada kehamilan pertama daripada kehamilan kedua,dst. muda maupun tua
- primigravida tua risiko lebih tinggi untuk pre-eklampsia berat
Faktor keturunan
Jika ada riwayat pre-eklampsia/eklampsia pada ibu/nenek penderita, faktor risiko meningkat sampai + 25% 
atu sifat resesif (recessive trait), yang ditentukan genotip ibu dan janin
Diet / gizi 
Tidak ada hubungan bermakna antara menu / pola diet tertentu (WHO). tetapi pada Penelitian lain : kekurangan kalsium berhubungan dengan angka kejadian yang tinggi. Angka kejadian juga lebih tinggi pada ibu hamil yang obesitas/gemuk / overweight
Iklim / musim
Di daerah tropis insidens lebih tinggi
Tingkah laku / sosioekonomi
Kebiasaan merokok : insidens pada ibu perokok lebih rendah, namun merokok selama hamil memiliki risiko kematian janin dan pertumbuhan janin terhambat yang jauh lebih tinggi.
Aktifitas fisik selama hamil : istirahat baring yang cukup selama hamil mengurangi kemungkinan / insidens hipertensi dalam kehamilan.
Hiperplasentosis
Proteinuria dan hipertensi gravidarum lebih tinggi pada kehamilan kembar, 
Diabetes mellitus : angka kejadian yang ada kemungkinan patofisiologinya bukan pre-eklampsia murni, melainkan disertai kelainan ginjal / vaskular primer akibat diabetesnya.
Mola hidatidosa : diduga degenerasi trofoblas berlebihan berperan menyebabkan pre-eklampsia. Pada kasus mola, hipertensi dan proteinuria terjadi lebih dini / pada usia kehamilan muda, dan ternyata hasil pemeriksaan patologi ginjal juga sesuai dengan pada pre-eklampsia.
secara definisi, Hipertensi ialah :   tekanan darah sistolik dan diastole  lebih dari 140/90 mmHg. dan kondisi ini sering terdeteksi pada saat kontrol rutin, jadi lakukan kontrol rutin dengan teratur ya