Senin, 29 Oktober 2012

Produk Turunan Susu Pangkas Kesuburan Pria



Go4HealthyLife.com, Jakarta - Produk turunan susu seperti keju ternyata memiliki dampak negatif pada laki-laki yang mengonsumsinya, yaitu berpotensi mengurangi kesuburan.

Menurut riset yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat, pria muda yang sering menyantap lebih dari tiga potong keju per hari berisiko mengalami penurunan kesuburan dan bahkan memperkecil peluang menjadi ayah.

Para peneliti menggelar studi yang melibatkan 189 lelaki berusia 19 hingga 25 tahun. Tidak seorang pun dari mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka juga dipastikan rutin berolahraga, minimal satu setengah jam per pekan.

Para sukarelawan itu lalu diminta untuk mengisi kuesioner yang menanyakan seberapa sering mereka mengonsumsi makanan berbahan dasar susu, buah, daging, dan jenis makanan lainnya. Para peneliti juga menganalisis sperma para sukarelawan. Mereka meneliti seberapa cepat sperma itu bergerak dan meneliti bentuknya.

Hasilnya ditemukan bahwa lelaki yang mengonsumsi lebih dari tiga porsi makanan berbahan dasar susu setiap hari mempunyai kualitas sperma 25 persen lebih rendah ketimbang yang mengonsumsi lebih sedikit.

Temuan itu akan dipresentasikan pada konferensi tahunan American Society for Reproductive Medicine's yang akan digelar di San  Diego, California, Amerika Serikat, akhir bulan ini demikian dilansir Dailymail.